Kamis, 07 November 2019

Penilaian Pencapaian Kompetensi Sikap

Sikap adalah pernyataan evaluatif terhadap objek, orang atau peristiwa. Sikap bermula dari perasaan yang terkait dengan kecenderungan seseorang dalam merespon sesuatu/objek. Sikap juga sebagai ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Sikap dapat dibentuk, sehingga terjadi perilaku atau tindakan yang diinginkan. Kompetensi sikap yang dimaksud dalam panduan ini adalah ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang dan diwujudkan dalam perilaku.

Penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengukur sikap peserta didik sebagai hasil dari suatu program pembelajaran. Penilaian sikap juga merupakan aplikasi suatu standar atau sistem pengambilan keputusan terhadap sikap. Kegunaan utama penilaian sikap sebagai bagian dari pembelajaran adalah refleksi (cerminan) pemahaman dan kemajuan sikap peserta didik secara individual.

Kompetensi sikap dibagi menjadi dua, yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang beriman dan bertakwa, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Sikap spiritual sebagai perwujudan dari menguatnya interaksi vertikal dengan Tuhan Yang  Maha Esa, sedangkan sikap sosial sebagai perwujudan eksistensi kesadaran dalam upaya mewujudkan harmoni kehidupan.

Berdasarkan rumusan KI-1 dan KI-2 di atas, penilaian sikap pada jenjang SMP/MTs mencakup Pada jenjang SMP/MTs, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya, sedangkan kompetensi sikap sosial mengacu pada KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

Sikap sosial
  1. Jujur adalah perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
  2. Disiplin adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
  3. Tanggungjawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
  4. Toleransi adalah sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan 
  5. Gotong royong adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas.
  6. Santun atau sopan  adalah sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma kesantunan bersifat relatif, artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa berbeda pada tempat dan waktu yang lain. 
  7. Percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis seseorang yang memberi keyakinan kuat untuk berbuat atau bertindak

Teknik dan Bentuk Instrumen
a. Observasi
Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan instrumen yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Observasi langsung dilaksanakan oleh guru secara langsung tanpa perantara orang lain. Sedangkan observasi tidak langsung dengan bantuan orang lain, seperti guru lain, orang tua, peserta didik, dan karyawan sekolah.
Sikap adalah pernyataan evaluatif terhadap objek Penilaian Pencapaian Kompetensi Sikap
b.Penilaian Diri
Penilaian diri merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian diri menggunakan daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik.

c, Penilaian Antarpeserta didik
Penilaian antarpeserta didik merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan untuk penilaian antarpeserta didik adalah daftar cek dan skala penilaian (rating scale) dengan teknik sosiometri berbasis kelas. Guru dapat menggunakan salah satu dari keduanya atau menggunakan dua-duanya.

d.Jurnal
Jurnal merupakan catatan pendidik di dalam dan di luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku.

Contoh Instrumen beserta Rubrik Penilaian
a. ObservasiPedoman Observasi Sikap Spiritual
No.Aspek PengamatanSkor
1234
1.Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu....................
2.Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan....................
3.Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi....................
4.Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan....................
5.Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan....................
Jumlah Skor.................
  • 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
  • 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
  • 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
  • 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor Perolehanx 4 = Skor Akhir
Skor Maksimum(20)
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik: apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup: apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33

Pedoman Observasi Sikap Jujur :
No.Aspek PengamatanMelakukan
YaTidak
1.Masuk kelas tepat waktu...............
2.Mengumpulkan tugas tepat waktu...............
3.Memakai seragam sesuai tata tertib..............
4.Mengerjakan tugas yang diberikan..............
5.Tertib dalam mengikuti pembelajarann..............
6.Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan...............
7.Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran..............
8.Membawa buku teks mata pelajaran..............
Jumlah Skor.................
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor Perolehanx 4 = Skor Akhir
Skor Maksimum(8)
Peserta didik memperoleh nilai dapat menggunakan seperti dalam pedoman observasi sikap spritual.

Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab :
No.Aspek PengamatanSkor
1234
1.Melaksanakan tugas individu dengan baik....................
2.Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan....................
3.Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat....................
4.Mengembalikan barang yang dipinjam....................
5.Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan....................
Jumlah Skor.................
Petunjuk Penskoran :
Lihat petunjuk penskoran pada pedoman observasi sikap spiritual

Pedoman Observasi Sikap Toleransi
No.Aspek PengamatanSkor
1234
1.Menghormati pendapat teman....................
2.Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender....................
3.Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya....................
4.Menerima kekurangan orang lain....................
5.Mememaafkan kesalahan orang lain....................
Jumlah Skor.................
Petunjuk Penskoran :
Lihat petunjuk penskoran pada pedoman observasi sikap spiritual

Pedoman Observasi Sikap Gotong Royong
No.Aspek PengamatanSkor
1234
1.Aktif dalam kerja kelompok....................
2.Suka menolong teman/orang lain....................
3.Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan....................
4.Rela berkorban untuk orang lain....................
Jumlah Skor.................
Petunjuk Penskoran :
Lihat petunjuk penskoran pada pedoman observasi sikap spiritual

Pedoman Observasi Sikap Santun
No.Aspek PengamatanSkor
1234
1.Menghormati orang yang lebih tua....................
2.Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain....................
3.Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat....................
4.Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman....................
5.Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain....................
Jumlah Skor.................
Petunjuk Penskoran :
Lihat petunjuk penskoran pada pedoman observasi sikap spiritual

Pedoman Observasi Sikap Percaya Diri
No.Aspek PengamatanSkor
1234
1.Berani presentasi di depan kelas....................
2.Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan....................
3.Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu....................
4.Mampu membuat keputusan dengan cepat....................
5.Tidak mudah putus asa/pantang menyerah....................
Jumlah Skor.................
Petunjuk Penskoran :
Lihat petunjuk penskoran pada pedoman observasi sikap spiritual

b. Penilaian Diri
Lembar Penilaian Diri Sikap Spiritual
No.Aspek PengamatanSkor
TPKDSRSL
1.Saya semakin yakin dengan keberadaan Tuhan setelah mempelajari ilmu pengetahuan....................
2.Saya berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu kegiatan....................
3.Saya mengucapkan rasa syukur atas segala karunia Tuhan....................
4.Saya memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat di depan umum....................
5.Saya mengungkapkan keagungan Tuhan apabila melihat kebesaranNya....................
Jumlah Skor.................
Petunjuk Penskoran :
Lihat petunjuk penskoran pada pedoman observasi sikap spiritual di atas
Keterangan :
SL = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
KD = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
TP = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Lembar Penilaian Diri Sikap Jujur
No.Aspek PengamatanSkor
TPKDSRSL
1.Saya menyontek pada saat mengerjakan Ulangan....................
2.Saya menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas....................
3.Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang....................
4.Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan....................
5.Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain....................
Jumlah Skor.................
Petunjuk Penskoran :
Lihat petunjuk penskoran pada pedoman observasi sikap spiritual di atas

Lembar Penilaian Diri Sikap Tanggungjawab
No.Aspek PengamatanSkor
TPKDSRSL
1.Sebagai peserta didik saya melakukan tugas-tugas dengan baik....................
2.Saya berani menerima resiko atas tindakan yang dilakukan....................
3.Saya menuduh orang lain tanpa bukti....................
4.Saya mau mengembalikan barang yang dipinjam dari orang lain....................
5.Saya berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain....................
Jumlah Skor.................
Petunjuk Penskoran :
Lihat petunjuk penskoran pada pedoman observasi sikap spiritual di atas

Lembar Penilaian Diri Sikap Disiplin :
No.Aspek PengamatanMelakukan
YaTidak
1.Masuk kelas tepat waktu...............
2.Mengumpulkan tugas tepat waktu...............
3.Memakai seragam sesuai tata tertib..............
4.Mengerjakan tugas yang diberikan..............
5.Tertib dalam mengikuti pembelajarann..............
6.Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan...............
7.Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran..............
8.Membawa buku teks mata pelajaran..............
Jumlah Skor.................
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor Perolehanx 4 = Skor Akhir
Skor Maksimum(8)
Peserta didik memperoleh nilai dapat menggunakan seperti dalam pedoman observasi sikap spritual.

Lembar Penilaian Diri Sikap Toleransi
No.Aspek PengamatanSkor
1234
1.Saya menghormati  teman yang  berbeda pendapat....................
2.Saya menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender....................
3.Saya menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya....................
4.Saya menerima kekurangan orang lain....................
5.Saya memaafkan kesalahan orang lain....................
Jumlah Skor.................
Petunjuk Penskoran :
Lihat petunjuk penskoran pada pedoman observasi sikap spiritual di atas

Lembar Penilaian Diri Sikap Percaya Diri
No.Aspek PengamatanSkor
1234
1.Saya melakukan segala sesuatu tanpa ragu-ragu....................
2.Saya berani mengambil keputusan secara cepat dan bisa dipertanggungjawabkan....................
3.Saya tidak mudah putus asa....................
4.Saya berani menunjukkan kemampuan yang dimiliki di depan orang banyak....................
5.Saya berani mencoba hal-hal yang baru....................
Jumlah Skor.................
Petunjuk Penskoran :
Lihat petunjuk penskoran pada pedoman observasi sikap spiritual di atas

Lembar Penilaian Diri Sikap Santun
No.Aspek PengamatanSkor
STSTSSSS
1.Saya menghormasti orang yang lebih tua....................
2.Saya tidak berkata kata kotor, kasar dan takabur....................
3.Saya meludah di tempat sembarangan....................
4.Saya tidak menyela pembicaraan....................
5.Saya mengucapkan terima kasih saat menerima bantuan dari orang lain....................
6.Saya tersenyum, menyapa, memberi salam kepada orang yang ada di sekitar kita....................
Jumlah Skor.................
Petunjuk Penskoran :
Lihat petunjuk penskoran pada pedoman observasi sikap spiritual di atas
Pernyataan positif :
1 untuk sangat tidak setuju (STS),
2 untuk tidak setuju (TS), ,
3 untuk setuju (S),
4 untuk sangat setuju (SS).
Pernyataan negatif :
1 untuk sangat setuju (SS),
2 untuk setuju (S),
3 untuk tidak setuju (TS),
4 untuk sangat tidak setuju (S)