Jumat, 01 November 2019

4 Aksesoris mobil yang berguna saat musim hujan

Memasuki musim penghujan memang bukan suatu halangan untuk beraktifitas, terlebih bagi anda yang memang kesehariannya menggunakan mobil sebagai moda transportasi utama. Namun begitu, musim penghujan juga turut membawa dampak pada mobil yang kesannya sepele, namun jika tidak diantisipasi lebih dini, bisa menambah beban dan biaya perawatan mobil.

Berbagai cara tentu bisa digunakan untuk mengantisipasi hal tersebut, salah satunya adalah dengan menambahkan beberapa aksesoris mobil yang berguna saat musim hujan tiba. Aksesoris ini mungkn terlihat tidak penting namun fungsinya cukup membantu dalam menjaga dan merawat mobil anda.

Berikut adalah 4 aksesoris mobil yang berguna untuk digunakan saat musim hujan tiba.

Memasuki musim penghujan memang bukan suatu halangan untuk beraktifitas 4 Aksesoris mobil yang berguna saat musim hujan


1. Karpet lantai (floor mate) berbahan karet atau plastik


Salah satu aksesoris mobil yang paling penting digunakan saat musim hujan adalah karpet lantai (floor mate) berbahan karet atau plastik. Karpet lantai dengan bahan dasar karet atau plastik akan sangat berguna untuk mencegah karpet dasar pada mobil anda kotor dan basah akibat sisa air hujan dan lumpur yang menempel di sepatu atau alas kaki anda.

Saat hujan, permukaan jalan atau halaman kantor dan tempat-tempat lain yang Anda tuju pastinya akan becek dan basah oleh air hujan. Saat anda atau penumpang mobil lainnya akan masuk ke mobil setelah melewati jalan basah tadi, maka sisa air hujan akan ikut terbawa bersama alas kaki.

Jika karpet yang digunakan berbahan dasar kain atau bulu, maka air akan terserap oleh karpet tersebut, belum lagi kotoran sisa tanah yang juga ikut menempel. Akibatnya, setelah satu atau dua hari akan muncul bau dan aroma tidak sedap yang berasal dari karpet basah tadi. Hal ini, selain tidak sehat juga dapat membuat kenyamanan seluruh penumpang didalamnya menjadi terganggu.

Oleh karena itu, gunakanlah karpet lantai (floor mate) berbahan karet atau plastik pada mobil saat musim hujan tiba.


2. Talang air (door visor)


Selain karpet lantai berbahan karet atau plastik, aksesoris mobil saat musim hujan yang juga penting untuk digunakan adalah talang air (door visor). Talang air (door visor) ini merupakan aksesoris mobil berupa kanopi kecil yang dipasang di seluruh bagian atas pintu mobil.

Setidaknya ada 3 fungsi yang dimiliki oleh talang air mobil ini, yaitu :
  • Mencegah air hujan masuk melalui jendela
  • Mencegah komponen power window terkena air hujan
  • Membantu sirkulasi udara di kabin mobil untuk mengurangi pengembunan

Ketiga fungsi talang air diatas sangat bermanfaat saat berkendara di musim hujan. Fungsi yang paling penting dari talang air tersebut adalah untuk mencegah munculnya embun pada kaca depan, terlebih jika mobil tidak menggunakan AC.

Metode yang digunakan adalah dengan cara membuka sedikit kaca mobil sebatas tinggi talang air sehingga udara luar bisa masuk dan bersirkulasi ke dalam kabin. Adanya sirkulasi udara, maka tekanan udara dan suhu pada kaca depan antara bagian luar dengan bagian dalam bisa sama. Dengan begitu, embun yang menempel pada kaca depan bisa hilang dengan sendirinya.

Baca juga : 


3. Mud guard


Muda guard (pelindung lumpur) merupakan aksesoris mobil yang dipasang di bagian belakang roda dan menempel pada bodi mobil. Fungsi utamanya adalah untuk mencegah cipratan air dan lumpur yang ikut terbawa ban tidak terpental sampai ke bodi samping mobil.

Kotoran air yang mengandung lumpur dan pasir ini tentu saja menjadi musuh utama cat dan bodi mobil. Ya, pasir pasir halus yang terpental bersama air dan lumpur bisa membuat cat mobil tergores sehingga cat menjadi kusam, bahkan jika lontarannya terlalu keras dapat membuat cat tergores cukup dalam dan mengenai bodi mobil.

Kondisi seperti inilah yang lambat laun akan memunculkan karat di sekitar bagian yang mudah terkena cipratan air dan kotoran dari ban mobil. Oleh karenanya, mud guard tentu penting untuk digunakan terutama saat berkendara di musim hujan.


4. Fog lamp (lampu kabut)


Aksesoris mobil saat musim hujan yang cukup membantu untuk digunakan adalah fog lamp (lampu kabut). Aksesoris mobil berupa foglamp ini, secara umum sudah menjadi fitur standar dan bawaan dari pabrikan mobil, namun jika mobil anda belum menggunakannya, ada baiknya untuk memasangkan aksesoris yang satu ini.

Fog lamp (lampu kabut) memiliki fungsi penting untuk meningkatkan visibilitas ke jalan saat jarak pandang menurun akibat terhalang oleh derasnya air hujan yang jatuh. Selain itu, lampu fog lamp juga berfungsi sebagai penanda bagi pengemudi lain yang melintas dari arah berlawanan sehingga akan meningkatkan keamanan selama berkendara dibawah derasnya air hujan.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Info-Otomotif